☺.....you talk to me........☺

Selasa, 07 Februari 2012

aplikasi menggunakan realBasic .




RealBasic saat ini dikeluarkan dalam dua versi, yaitu versi Personal dan Professional. Perangkat lunak ini dapat dicoba dengan cara mengunduhnya langsung dari situs resminya di http://www.realsoftware.com dan jangan lupa untuk melakukan registrasi di situs tersebut agar dapat memperoleh License Key untuk keperluan uji coba (trial) RealBasic selama 30 hari di komputer Anda.

Kelebihan lain yang saya temukan adalah RealBasic mengkompilasi proyek anda kedalam bentuk file EXE tunggal sehingga tidak perlu kuatir akan adanya “DLL Missing” dalam distribusi proyek anda. Selain itu, anda juga akan dibuat berdecak kagum dengan kecepatan eksekusinya dibandingkan aplikasi yang dibuat dengan MS Visual Basic. Hal ini disebabkan RealBasic tidak membutuhkan dan bergantung kepada External Runtime seperti MSVBxxxx.dll atau file library lainnya.

Sebagai Tambahan, saya akan memberikan contoh sederhana pembuatan aplikasi sederhana pada realBasic berupa aplikasi dasar pengolahan teks input.
(Saya asumsikan dalam hal ini anda telah menginstall aplikasi realBasic)
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuka form editor, seperti gambar di bawah ini :


Langkah kedua adalah membuat menu-menu pada form, 1 buah EditField untuk input teks, 3 buah PushButton untuk tombol pengoperasian. Seperti gambar di bawah ini :



Langkah selanjutnya adalah menuliskan code, caranya double click pada menu PushBotton1 yang telah kita buat lalu akan muncul form editor, dan tuliskan code ini pada sub Action :
if EditField1.Text = “” Then MsgBox (“Isi nama anda !”) Else MsgBox (“Halo ” + EditField1.Text + “! apa kabar kamu di sana ??”)
Atau seperti gambar di bawah ini :


Langkah selanjutnya adalah menuliskan code-code pada PushButton2 dan PushButton3, untuk PushButton2 isikan code berikut pada sub Action :
EditField1.Text = “”
Untuk PushButton3 isikan dengan code berikut pada sub Action :
Window1.close
Setelah anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka aplikasi ini telah siap untuk di jalankan. Untuk menjalankan aplikasi yang telah kita buat ini caranya adalah dengan menekan tombol RUN seperti gambar di bawah ini :

Lalu aplikasi ini akan berjalan seperti ini :


teaM creaTive : - taufik ramadhan
                         -nightwelker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar